Selasa, 17 Januari 2012

PROGRAM KERJA


PROGRAM KERJA PENGURUS RW 07
PERIODE 2012 – 2015


I. PENDAHULUAN

Setelah kepengurusan RW 07 periode 2012 – 2015 terbentuk dan dilantik pada tanggal 7 Januari 2011, langkah pengurus berikutnya adalah menyusun program kerja serta segera melaksanakannya. Jajaran pengurus berharap dan berusaha dapat menampung aspirasi warga dalam penyusunan program kerja RW. Dan sangat mengharapkan partisipasi aktif seluruh warga RW 07 agar semua program yang disusun dapat terlaksana dengan baik. Kepercayaan yang diberikan kepada kita sebuah amanah semoga kita semua dapat melaksanakannya sepenuh hati. Mudah-mudahan Pengurus RW & RT yang baru bisa bersikap obyektif dalam mengambil setiap keputusan yang berhubungan dengan seluruh warga. Pengurus diharapkan bisa menciptakan kembali rasa kebersamaan bagi seluruh warga di lingkungan RW 07 yang akhir-akhir ini mulai luntur. Kebersamaan dan kekompakan antar warga harus kembali dihidupkan. Hal ini penting guna terus menjalin komunikasi antar warga. Sehingga wargapun dengan sendirinya akan memberikan dukungan setiap kebijakan dan program yang dikeluarkan pihak RW/RT.
Terkait penyusunan program dan kebijakan kita, secara umum program ini masih melanjutkan dan menyempurnakan program RW sebelumnya. Kita tidak perlu buat kebijakan baru, jika pelaksanaannya nol. Kami berharap kita dapat menyusun program yang realistis sesuai kemampuan kita, terutama dari segi pendanaan.
Secara umum program kerja yang akan disusun dan dilaksanakan Pengurus RW 07 periode 2012-2015 masih berusaha melanjutkan dan menyempurnakan sebagian program pengurus periode  sebelumnya. Baik di bidang operasianal maupun bidang pendukung lainnya. Bidang-bidang operasional meliputi bidang Keamanan, bidang Pemeliharaan Lingkungan dan Pembangunan. Sedangkan bidang-bidang pendukung diantaranya bidang Sosial dan Kesejahteraan, bidang Pemuda, Olahraga & Seni, bidang Umum dan Perlengkapan, bidang Pemberdayaan Wanita & PKK, bidang Kerohanian serta Humas.


II. PROGRAM KERJA BIDANG OPERASIONAL:

A.      KEAMANAN

  1. Untuk lebih terjaminnya keamanan dan kenyamanan warga/penghuni maka perlu digerakkan kembali ronda (siskamling) bagi seluruh warga RW 07.
  2. Setiap warga /KK wajib melaporkan tamu yang hendak menginap kepada RT setempat, disertai memberikan fotokopi identitas yang jelas agar lebih mudah dalam pengontrolan.
  3. Pemasangan plang tanda seruan ”TAMU 1X24 JAM HARAP LAPOR” disetiap titik sudut lingkungan kita.
  4. Sentralisasi keamanan, yaitu sistem keamanan yang dikendalian oleh Pengurus RW dengan jangkauan sewilayah RW 07. Dengan membentuk Tim Keamanan yang difasilitasi dengan alat komunikasi Handy Talky (HT). Hal ini diharapkan untuk memudahkan pengontrolan dan lebih mudah dalam memberikan komando/instruksi. Tentunnya masalah pendanaan kita musyawarahkan bersama.

B.      PEMELIHARAAN LINGKUNGAN DAN PEMBANGUNAN

  1. Pelaksanaan Kerja Bakti secara periodik : Pekerjaan gotong royong ini  sudah mutlak dilaksanakan secara masal / serempak se-RW 07 untuk memudahkan koordinasi dalam menjangkau titik-titik yang perlu perhatian khusus. Gotong royong ini meliputi:
a.      Pemotongan rumput serta pepohonan secara berkala.
b.    Memelihara saluran air (got) yang terus digenangi lumpur, got menjadi dangkal, sehingga pada musim hujan tidak mampu menampung debit air hujan yang melimpah.
c.     Secara khusus memperhatikan titik-titik yang rawan banjir, yaitu di wilayah RT 06 dan RT 07, dengan membersihkan saluran air yang mampat.
  1. Penghijauan secara terstruktur: diwajibkan setiap rumah untuk menanam pohon untuk penghijauan, hal ini sesuai dengan program pemerintah yaitu ”Gerakan Menanam seribu pohon”
  2. Pengadaan tempat sampah diwajibkan pada masing-masing rumah.
  3. Sosialisasi masalah program kesehatan di lingkungan RW 07.
  4. Pengasapan nyamuk secara periodik.
  5. Memasang papan nama jalan.

III. PROGRAM KERJA BIDANG PENDUKUNG

A.       SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN

1.      Mengadakan jimpitan beras ke tiap warga.
2.      Membantu moril dan materil untuk keluarga yang terkena musibah.

B.       PEMUDA, OLAHRAGA & KESENIAN.

1.      Memfasilitasi berdirinya Karang Taruna.
2.      Membimbing kegiatan Karang Taruna
3.      Memfasilitasi bakat-bakat seni dan olah raga warga dengan menyelenggarakan/ mengikut sertakan lomba-lomba dan pertunjukan di bidang seni dan olah raga.

C.       UMUM DAN PERLENGKAPAN

1.      Penyediaan alat-alat/perlengkapan yang diperlukan dalam kegiatan RW.
2.      Pemeliharaan alat-alat/perlengkapan milik RW.
3.      Membangun sekretariat/kantor RW
4.      Merenovasi gedung Posyandu

D.       HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS)

1.    Mengadakan sosialisasi program-program RW.
2.    Mengadakan sosialisasi kebijakan-kebijakan Kelurahan, Bupati dan seterusnya untuk dilaksanakan warga.

E.        KEROHANIAN DAN KERUKUNAN

1.      Menyelenggarakan hari-hari besar keagamaan
2.      Menciptakan suasana kekeluargaan dan toleransi antara umat bergama.


F.        PEMBERDAYAAN WANITA & PKK

1.   Mendorong dan memberi dukungan  kegiatan yang positif bagi ibu-ibu warga RW 07 sebagai sarana silaturahmi dan komunikasi.
2.      Sosialisasi kesehatan warga.
3.     Melakukan kegiatan ”Jumat Bersih”, yaitu menyapu / membersihkan jalan lingkungan sekitar kita, dimulai pukul 06.00 s/d 08.00.
4.      Menggiatkan kembali Posyandu untuk Balita.
5.    Memperdayakan ibu-ibu rumah tangga untuk menciptakan suatu karya atau usaha industri rumah tangga, misalnya: membuat kerajinan tangan, memproduksi makanan ringan, dsb. 

IV. PENUTUP

Demikianlah Program Kerja RW ini kami buat, sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan RW.  Namun tidak mutlak terikat dengan program-program tersebut diatas. Warga dapat mengajukan usulan-usulan atau masukan untuk merubah ataupun menambah program-program yang lain. Masing-masing program akan kita bahas satu persatu dalam setiap pertemuan/ rapat. Seoptimal mungkin pengurus akan berusaha untuk dapat melaksanakan program-program yang telah ditetapkan. Keberhasilan pengurus dalam melaksanakan program tentu saja bergantung pada partisifasi warga. Jika seluruh warga mendukung program-program yang telah ditetapkan, baik moril maupun materiil, Insya Allah program-program tersebut dapat terealisasi dan akan menuai keberhasilan.


Tangerang, 7 Januari 2011
Ketua RW 07                                                                           Sekretaris RW 07





Riyanto                                                                                    Budi Firmanto

1 komentar:

  1. Semoga semuanya berjalan lancar dan lingkungan kita menjadi lingkungan yang aman dan sejahtera , serta terjalin kerukunan antara warga baik se RW 07 maupun kemasyarakat luas pada umumnya..

    BalasHapus